Thursday 8 December 2016

KESIHATAN : TAJI TULANG


 


Definisi

Taji tulang adalah tulang tambahan yang berkembang di sepanjang tepi tulang, juga disebut osteofit. Tulang taji sering terbentuk pada titik di mana tulang bertemu satu sama lain – pada sendi. Taji tulang juga bisa terbentuk pada tulang belakang.

Penyebab utama taji tulang adalah kerusakan tulang yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia dan seringkali terkait dengan osteoarthritis. Kebanyakan taji tulang tidak menimbulkan gejala dan biasanya tidak terdeteksi hingga bertahun-tahun. Taji tulang tidak memerlukan pengubatan. Keputusan tentang pengubatan tergantung pada lokasi taji dan akibatnya terhadap kesehatan.

Gejala

Kebanyakan taji tulang tidak menimbulkan gejala dan tanda-tanda apapun. Penderita bahkan tidak akan menyedari kondisi ini sampai ia menjalani prosedur sinar-X untuk deteksi penyakit lain guna mengungkap adanya pertumbuhan abnormal pada tulang. Dalam beberapa kes, taji tulang dapat menyebabkan rasa sakit dan hilangnya gerak pada sendi.

Gejala spesifik tergantung lokasi taji tulang. Contohnya termasuk:

Lutut. Taji tulang di lutut akan menimbulkan rasa sakit ketika kaki diregangkan atau ditekuk. Tulang tambahan (tulang taji) ini bisa menyelinap di antara tulang dan tendon yang berfungsi menjaga gerak tulang agar tetap normal.

Tulang belakang. Taji tulang pada tulang belakang dapat mempersempit ruang yang berisi sumsum tulang belakang. Taji tulang ini dapat menjepit saraf tulang belakang atau akar saraf dan terkadang dapat mengakibatkan kaki dan lengan terasa lunglai atau mati rasa.

Pangkal paha. Taji tulang dapat menimbulkan rasa sakit ketika seseorang menggerakkan pinggul, dan terkadang bisa merambat hingga ke lutut. Tergantung pada tempatnya di tubuh, tulang taji juga dapat membatasi gerak sendi pinggul.

Bahu. Taji tulang dapat menggeser manset rotator, sekelompok otot dan tendon yang membantu mengontrol gerakan bahu. Hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan (tendinitis) dan robekan dalam manset rotator.

Jari tangan. Taji tulang yang tampak seperti benjolan di bawah kulit dapat membuat sendi di jari-jari tangan terlihat menonjol.

Buatlah janji dengan doktor Anda jika Anda merasakan sakit atau bengkak pada satu atau lebih sendi atau jika Anda memiliki kesulitan menggerakkan sendi. Supaya dapat membantu mencegah atau memperlambat kerosakan sendi lebih lanjut.

Penyebab

Kerosakan arthritis disebabkan penuaan (osteoarthritis) adalah penyebab paling umum dari taji tulang. Ketika osteoarthritis memecah bantalan ujung tulang rawan, tubuh akan berusaha memperbaiki kelemahan dengan menciptakan taji tulang di dekat daerah yang rusak. Tulang tambahan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan tulang menahan beban.

Komplikasi

Taji tulang dapat terputus atau terpisah dari tulang yang lebih besar, dan membuat tulang tubuh menjadi longgar (loose bodies). Seringkali, taji tulang yang tidak merekat kuat pada tulang utama ini mengambang di sendi atau tertanam di lapisan sendi (sinovium).

Loose bodies dapat terseret ke posisi di antara tulang-tulang pembentuk sendi, menyelinap di antara tulang-tulang tersebut dan menyebabkan sendi terkunci – suatu kondisi di mana ada sesuatu yang rasanya membatasi gerak sendi. Penguncian sendi ini boleh pulih dan berulang kembali saat tulang tambahan bergerak masuk dan keluar dari sendi.


Produk Kesihatan SNE yang disyorkan untuk merawat : 



keterangan lanjut berhubung produk dan lain-lain info :
sila whatsapp : 0102367509 / 0123253048

No comments:

Post a Comment